Jumat, 14 Mei 2010

PENGEMBANGAN SEKTOR UNGGULAN DI PRABUMULIH

PENGEMBANGAN SEKTOR UNGGULAN DI PRABUMULIH

PROF.DR.H.TIRTA JAYA JENAHAR,SE.MS
PENGAMAT EKONOMI PALEMBANG

Kota Prabumulih memiliki beragam potensi di sektor pertanian hortikultura seperti nenas, jeruk, rambutandan sayuran; di sektor perkebunan seperti karet, kelapa sawit, pinang, kapuk dan kopi; di sektor pertambangan seperti minyak, gas dan batubara; di sektor perindustrian seperti industri rumah tangga dan industri kecil menengah yang mengolah produk unggulan. Dari potensi produk yang ada di Kota Prabumulih tersebut, maka dapat diketahui lima produk unggulan unggulan Kota Prabumulih yaitu nenas, karet, kelapa sawit, minyak dan gas serta industri kecil menengah sebagai penunjang pengembangan produk unggulan.

Peluang investasi bagi pengembangan produk unggulan ini masih terbuka luas, baik pengembangan tanaman maupun pengembangan industri hulu sampai ke industri hilir sehingga memiliki nilai tambah yang lebih baik bagi peningkatan pendapatan, kesejahteraan masyarakat serta peningkatan PDRB Kota Prabumulih. Dalam rangka peningkatan investasi untuk produk unggulan, Pemerintah Kota Prabumulih perlu memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses perizinan, keamanan dan penyediaan sarana prasarana penunjang.

Pembangunan sarana prasarana penunjang seperti pembukaan atau peningkatan akses jalan ke lokasi produk unggulan perlu dilakukan, penyediaan fasilitas bagi investor untuk membangun hotel, supermarket, rumah sakit, air bersih, listrik dan sarana prasarana penunjang lainnya perlu segera direncanakan dan dibangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar