Jumat, 14 Mei 2010

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN EKONOMIS PETANI
DALAM PEREMAJAAN KARET

Prof.Dr.H.Tirta Jaya Jenahar,SE,MS
Dosen STIE Aprin Palembang
ABSTRACT
The objective of this study is to analyze the economic ability of nonmodern and modern farmers in bearing the replanting cost of rubber estate and factors of economic ability. The data are collected multi stage sampling for district, sub district and village randomly for farmer hausehold and the data collection is on October 2004 till August 2005. the instrument is interview for 360 farmers hausehold 210 nonmodern farmers and 150 modern farmers as sample at 12 villages as representative of Musi Rawas, Muara Enim and Musi Banyuasin District in South Sumatra.The results indicate that the economic ability of modern and non modern farmer able to bearing the replanting cost of their rubber estate about 68 % and 38 %. The factors of economic ability are .
Keyword : economic ability and factors of economic ability in bearing the replanting cost.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan ekonomis petani untuk membiayai peremajaan kebun karetnya dan faktor yang mempengaruhi kemampuan ekonomis petani. Pengumpulan data primer secara survei dengan penarikan sampel secara bertahap dilakukan secara proporsional dan diambil secara acak pada bulan Oktober 2004 sampai Agustus 2005 dengan mewawancara sebanyak 360 petani sampel pada 12 desa sebagai perwakilan dari Kabupaten Musi Rawas, Muara Enim dan Musi Banyuasin di Sumatera Selatan. Analisis data menggunakan analisis finansial pendapatan petani dan menggunakan analisis statistik uji nilai tengah dan analisis regresi. Dari hasil analisis dan pembahasan mengenai kemampuan ekonomis petani dalam peremajaan kebun karet rakyat, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kemampuan ekonomis petani maju dengan petani belum maju. Rata-rata tingkat kemampuan ekonomis petani maju berada 151 % di atas rata-rata tingkat kemampuan ekonomis petani belum maju. Tingkat kemampuan ekonomis petani maju yang mampu membiayai peremajaan kebun karetnya yaitu 68 % lebih tinggi dari tingkat kemampuan ekonomis petani belum maju yaitu 39 %.
2.Dari hasil analisis regresi faktor yang mempengaruhi kemampuan ekonomis petani belum maju dan petani maju dapat disimpulkan bahwa :
a.Kemampuan ekonomis petani maju dipengaruhi secara nyata dan sangat nyata pada taraf kepercayaan 95 % dan 99 % dan positif oleh variabel produksi karet petani, pendapatan rumah tangga petani, tabungan potensial rumah tangga petani dan waktu kerja kegiatan rumah tangga petani dan dipengaruhi negatif oleh variabel luas areal garapan petani, sedangkan variabel jumlah anggota keluarga petani, produktivitas karet petani dan waktu luang petani berpengaruh tidak nyata pada taraf kepercayaan 90 % dan nilai parameter penduganya bertanda negatif, tidak sesuai dengan harapan secara teoritis.
b.Kemampuan ekonomis petani belum maju dipengaruhi secara nyata dan sangat nyata pada taraf kepercayaan 95 % dan 99 % dan positif oleh variabel jumlah anggota keluarga petani, produksi karet petani, pendapatan rumah tangga petani, tabungan potensial rumah tangga petani dan peremajaan kebun karet, sedangkan variabel pendidikan formal petani berpengaruh tidak nyata pada taraf kepercayaan 90 % dan nilai parameter penduganya bertanda negatif, tidak sesuai dengan harapan secara teoritis.
c.Beberapa variabel eksogen yang sama-sama berpengaruh nyata dan sangat nyata pada taraf kepercayaan 95 % dan 99 % dan positif terhadap kemampuan ekonomis petani belum maju dan petani maju yaitu variabel produksi karet petani, pendapatan rumah tangga, tabungan potensial rumah tangga dan jumlah anggota keluarga, kecuali jumlah anggota keluarga petani maju tidak berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 90 % dan tanda nilai parameternya negatif. Variabel eksogen lainnya sama-sama tidak berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 90 % terhadap kemampuan ekonomis petani belum maju dan petani maju.
d.Beberapa variabel eksogen yang berbeda mempengaruhi kemampuan ekonomis petani yaitu variabel peremajaan kebun karet berpengaruh sangat nyata pada taraf kepercayaan 99 % dan positif pada petani belum maju, tetapi tidak berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 90 % dan positif pada petani maju, demikian sebaliknya variabel eksogen waktu kerja kegiatan rumah tangga berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 95 % dan positif pada petani maju, tetapi tidak berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 90 % dan positif pada petani belum maju.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 95 % antara kemampuan ekonomis petani maju yang mampu membiayai peremajaan kebun karetnya sekitar 68 % relatif lebih tinggi dari petani belum maju sekitar 38 %. Kemampuan ekonomis petani dipengaruhi secara signifikan terhadap variabel .
Kata kunci : kemampuan ekonomis dan faktor yang mempengaruhi kemampuan ekonomis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar